02 Februari 2015

Menyadari Pentingnnya Berorganisasi


Oleh AHmmad Fauzi Mulji
Tulisan ini didasari keprihatinan melihat sebagian mahasiswa yang masih enggan untuk berorganisasi. Banyak alasan yang mebuat mereka enggan untuk masuk atadari alf berorganisasi salah satunya adalah takut lama kuliah atau prestasi akademik menurun dan alasan-alasan lainnya. Mereka terkesan mengkambinghitammkan organisasi, padahal tidak semua orang yang aktif berorganisasi itu kuliahnya terhambat, malah justru menjadi penunjang aktivitas perakuliahannya.padahal, berorganisasi sebenarnya merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan potensi diri mereka,

Dalam lingkungan perguruan tinggi setidaknya ada beberapa tipe organisasi yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa yakni organisasi Internal Kampus dan Eksternal kampus
Organisasi internal kamppus dapat diartika sebagai organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan kampus yang menaungi mahasiswa di dalamnya. Seluruh pembiayaan aktivitas organisasi ini biasana di tanggung oleh llembaga perguruan tinggi bersangkutan. Organisasi ini biasanya meliputi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) , BEM, SEMA, DEMA, dan sebagainya.
organisasi eksternal kampus tidak hanya memiliki jaringan di dalam kampus tetapi juga lintas kampus bahkan skala Nasional. Misalnya HMI, PMII, KAMMI, GMNI, dan sebagainya. Biasanya mereka memiliki perwakilan di setiap kampus berupa komisariat atau rayon-rayon dan kepengurusannya terstruktur mullai dari tingkat kampus hingga pengurus pusat.
Tentu masing-masing organisasi ini memiliki akivitasnya masing-masing, seperti contoh Himpunan Mahasiswa Jurusan yang menanungi kegiatan-kegiatan mahasiswa masing-masing jurusan, aktivitas mereka biasanya mengadakan diskusi terkait konsentrasi jurusan mereka, mengadakan seminar atau lokakarya dan workshop, dan aktivitas penunjang mahasiswa lainnya.
Dari sekian banyak organisasi kemahasiswaan yang ada, baik itu di internal maupun eksternal kampus, mahasiswa sebenarnya dapayt memilah dan memilih, mana yang memang benar-benar mampu menunjang aktivitas mereka. Selain membina dan membangun relasi, berorganisasi diharapkan mampu mengaktualisasikan potensi diri masing-masing inividu mahasiswa yang mungkin di bangku perkuliahan tidak didapat.
Dengan demikian sebenarnya,aktif di organisasi itu sangatlah penting bagi kita sebagai mahasiswa Namun jangan lupa, bahwa organisasi juga harus berjalan seiringan dengan tugas utama kita sebbagai mahasiswa yang belajar di bangku perkuliahan. Inilah yang perlu menjadi itik tekan seorang organisatoris. Jangan sampai aktivitas organisasi juga membuat kita lalai dengan kewajiban kita***)
Posting Komentar